:Perengek

Bangkit lagi enggak, ya?

Perjalanan Hidup Saya di Fansub Internasional

with 43 comments

Kali ini ga ada hubungannya dengan review/ulasan.

Nick saya pertama x teregistrasi saat ikut tes typesetter.

[12-06-2012@12:43:39] -NickServ- Assasin_Cross is Shana

[12-06-2012@12:43:39] -NickServ- Is online from: ~Me@Shana.to.Aria.wa.boku.no.yome.da

[12-06-2012@12:43:39] -NickServ- Time registered: Aug 21 11:12:28 2010 MDT

Saya pertama kali ikut tes menjadi typesetter di Shini-subs. Saat percobaan pertama saya ditolak karena tidak berhasil memenuhi standar fansub internasional, tapi ini tidak membuat saya berkecil hati. Dan ketika saat percobaan kedua, saya berhasil lewat pas-pasan.

Pada saat ikut serta dalam proyek pertama, saya masih kebinggungan bagaimana cara typeset mereka dan saya diberi link oleh salah satu typesetter senior http://docs.aegisub.org/manual/ASS_Tags untuk belajar sendiri cara penggunaannya.
Saat episode pertama, takarir pertama saya sangat berantakan dan harus diperbaiki oleh typesetter senior tersebut.
Sebelum episode kedua muncul untuk dikerjakan saya terus belajar dari link tersebut dan mengedit beberapa takarir fansub internasional lainnya yang menjadi referensi saya. Kemudian saat episode kedua muncul dan saya kerjakan, ternyata kali ini tidak perlu diperbaiki lagi alias sudah langsung bisa dipakai untuk rilis.

Bulan Oktober, saya diculik oleh Hologfx(Leader Doki) untuk menjadi typesetter di grup mereka. Projek pertama saya di Doki adalah Haruhi-chan yang merupakan salah satu projek neraka bagi saya yang baru-baru ini belajar nge-typeset.
Pelajaran pertama saya di Doki adalah \clip membentuk bola. Setelah Haruhi-chan selesai dilanjut dengan Seto no Hanayome yang sangat menyiksa saya. Keduanya membutuhkan FbF typeset yang bisa kita bilang typeset baris per baris yang membutuhkan waktu lama.

Kalau tidak salah Februari 2011, saya mencoba menjadi timer dan ternyata gagal. Setelah gagal saya merasa timing itu sulit dan tidak mempelajarinya lebih lanjut. Pada bulan Juli 2011, saya diajak oleh mantan fansubber Doki untuk membentuk grup baru. Grup baru tersebut adalah Oyatsu yang masih berdiri sampai sekarang.

Bulan Oktober awal saya mempelajari KFX melalui beberapa referensi dan saat saya implementasikan di Mashiro-iro Symphony cukup disukai banyak orang. April 2012, Doki membuka kembali timer recruitment dan saya ikut dalam tes tersebut. Tes pertama saya lewati dengan nilai hampir sempurna dan hanya salah di 3 baris saja, pada saat yang sama saya juga belajar k-timing yang ternyata memang butuh waktu lama(sampai sekarang saya masih belum cukup cepat timing dan k-timing <_<).

Sekarang saya sudah mengeluti dunia fansub internasional kurang lebih 1.5 tahun. Ratusan kritik dan saran saya baca. Ada yang kasar dan ada juga yang halus. Yang terpenting dalam fansub itu bukan rilisan tetapi kualitas yang bisa membuat banyak orang nyaman saat menontonnya. Dan tolong jangan jadikan ulasan/kritik keras sebagai alasan “menjatuhkan mental”. Di dunia fansub internasional kalian bisa ditertawai habis-habisan, karena para fansubber internasional mau menerima kritikan yang memang bisa membangun mereka walaupun secara kasar.

Sekian aja dari saya, terima kasih sudah mau membaca.

Q: Sombong kali kamu kk?
A: Sombong opo saya kan cuma curhat.

Q: Mau pamer ya kk?
A: Kagak, saya cuma mau buka mata para fansubber manja yang mengira kritikan di sini dibuat hanya untuk menjatuhkan mereka.

Q: Wah uda lama ya kk kerjanya?
A: Lama? Saya malah kenal fansubber internasional yang uda ngesub selama 6 tahun.

Bang C0balt bersabda:

Entah kenapa belakangan ini saya seperti merasa semakin pasrah saja dengan dunia fansub indo, bahkan seperti tidak mau tahu apa yang sedang terjadi di luar sana. Tidak hanya dikarenakan urusan IRL yang semakin mempersempit waktu luang saya, tetapi juga perasaan sedih akan kondisi dunia fansub indo saat ini. Mulai dari kualitas penyajian yang semakin “terserah gue”, orientasi ketenaran, hingga permasalahan etika yang tidak masuk akal. Rasanya sudah mau saya lepas saja dan kembali berurusan dengan fansub luar yang lebih dedicated, yang saat ini saya tinggalkan agar bisa lebih fokus ke pasar lokal.

Mengenai perpusjakarta sendiri, perasaan paling sedih yang saya rasakan adalah ketika situs yang saya buat atas dasar inisiatif dan perjuangan sendiri agar fansub indonesia bisa berkembang, menjadi sesuatu yang dianggap tidak dibutuhkan, dinomersekiankan, atau malah dilupakan. Semoga ini hanya prasangka buruk sesaat saja.

Namun jika melihat entri datanya yang sangat sedikit belakangan ini, saya rasa sudah saatnya perpusjakarta untuk memperluas pasarnya, karena saya tidak mau web yang sudah susah payah saya buat menjadi tidak berguna seperti sekarang.

Note: Entah kenapa belakangan ini saya sangat suka menggunakan kata wakarimasen sebagai judul atau nama sesuatu yang tidak dapat saya deskripsikan seperti apa. Jadi yang ini juga saya beri judul Wakarimasen :>

Written by Assasin_Cross

June 12, 2012 at 1:08 pm

Posted in Junk, Uncategorized

Tagged with

43 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. saya daftar hadena aja gagal ( = =)

    Saruaho

    June 12, 2012 at 1:43 pm

    • Mereka paling mau kalau memang sudah punya pengalaman –”
      Tapi yah dragon# sendiri kagak jelas

      Assasin_Cross

      June 12, 2012 at 1:45 pm

    • Bercanda yah kk?

      Name (required)

      June 12, 2012 at 1:47 pm

  2. :terharu:
    jadi pingin coba juga :legit:

    belajar typeset itu awalnya mudah apa susah si A_C??..

    ShinkiroWRS

    June 12, 2012 at 1:46 pm

    • Harusnya mudah kalau uda biasa –”
      Saya kan pertama x buka dan masih belum biasa :p

      Assasin_Cross

      June 12, 2012 at 1:47 pm

  3. Saya daftar pantsub indo senior aja.. gagal T.T

    Healkie

    June 12, 2012 at 1:47 pm

  4. Dan tolong jadikan ulasan/kritik keras sebagai alasan “menjatuhkan mental”.

    Saf4

    June 12, 2012 at 1:49 pm

  5. nice…. semoga bisa menginspirasi yang lain…
    klo gue sih, jd downloader aja lom ada setaun kk…
    wkakakakaka

    finno942

    June 12, 2012 at 1:52 pm

  6. Bagi kalian yang cuma bisa ikut-ikutan bilang Hadena jelek.

    “Hadena dapat F sampai dipermalukan tetapi

    Dragon
    3 June, 2012 at 12:46

    I did ask you to review Ep7 + and I won’t deny it but I see you mentioning whoever translated my subs probably doesn’t know the difference above so if you wanna see our original translation for Accel World your choice would be; ep1, 2 and 3. To be honest I forgot to remove that credit part for the later episodes. Beside I said I will send them email and it is their official sub:

    But I won’t be making excuses here since it is lame and pathetic unlike some groups did before here. I told you this before but I always look forward to your reviews as base point to improvise the group structure and fix the issues we are lacking at. That’s why I ask you to review more works of us please.
    Hence, I will ask other quality checkers to do the quality check for Accel World and I will release v3 for that episode because I care about the quality of the final products.
    Anyway Keep the good work, bro… I enjoy reading your reviews ’cause I believe its good for fansubbing. “

    Assasin_Cross

    June 12, 2012 at 1:54 pm

    • dan apa yang dilakukan fansubber Indo?

      Assasin_Cross

      June 12, 2012 at 1:55 pm

      • Bitching sana sini tiap kali diberi kritikan, seperti ibu-ibu yang lagi ikut arisan.
        Tapi tidak semua fansub indo seperti itu…

        Saf4

        June 12, 2012 at 2:09 pm

      • Bukan ibu-ibu arisan lagi.
        Macam suporter bola Indonesia yang mau tawuran bawa pasukan ratusan orang

        Assasin_Cross

        June 12, 2012 at 2:15 pm

    • iya bener, baru disentil sedikit saja sudah rewel…
      disinggung sedikit saja, udah curhat ke mana-mana…
      hahahaha…

      khaerul afif

      June 12, 2012 at 2:20 pm

      • @khaerul afif:kalo gak salah anda sering bilang kritikan pedas bisa *menjatuhkan mental*,

        ingat kata senior di atas ”tolong jangan jadikan ulasan/kritik keras sebagai alasan “menjatuhkan mental”. Di dunia fansub internasional kalian bisa ditertawai habis-habisan, karena para fansubber internasional mau menerima kritikan yang memang bisa membangun mereka walaupun secara kasar.” #hanya lewat saja…

        Baka

        June 12, 2012 at 6:27 pm

  7. sebenernya saya ud berhenti ngikutin politik fansub indon maupun inter milan, sekarang aja hantam kromo nonton anime dari cyber12 :v
    cuman saya salut aja kalau memang ada yang lihai karena tempaan bertahun-tahun, sebagaimana besi yang makin keras bila diproses lebih lama

    dan buat A_C, benerin itu IP kuliah, jangan sampai nasakom :v

    Shin Muhammad

    June 12, 2012 at 2:48 pm

  8. karena para fansubber internasional mau menerima kritikan yang memang bisa membangun mereka ‘walaupun’ secara kasar , jgn kasar ah om A_C , kita kan bangsa yang ramah :3

    Arihawk

    June 12, 2012 at 3:18 pm

  9. jadiin sinetron om AC!!!

    agussnp

    June 12, 2012 at 4:55 pm

  10. ane mendaftar jadi downloader aja😐

    atdhyctive

    June 12, 2012 at 6:03 pm

  11. perjalanan yang amat sulit…
    …. derita tiada akhir (akhir tiada derita)

    #putkay

    Gara Pratama

    June 12, 2012 at 7:14 pm

  12. Ramah apa nya kakak A_C =3=

    Arihawk

    June 12, 2012 at 7:30 pm

  13. wahhh wahhh …
    udah ngerasain pahit manisnya dunia fansub…

    terus bergabung di fs luar itu seperti apa?
    enak asik atau bagaimana??

    lalu apa ente juga gabung ama fansub indo om ??

    aSaqA

    June 12, 2012 at 9:57 pm

    • Kalau sudah biasa mengikuti alur. fs luar itu enak😀
      Mereka kadang buat tutorial yang lain. ngajari leecher dan lain-lain..
      Belum tentu yang masuk fs luar itu uda jago, kadang ada rekrutmen mencari anggota baru dan yang dicari yang mau ngesub (bukan untuk TL dan Editor).Walaupun masih pemula mereka diajari semuanya sampai dianggap matang oleh ketuanya😀

      Keuntungan paling enaknya, bisa dapat info mengenai anime lebih cepat dari animenewsnetwork atau yang lainnya.
      Untuk masalah fansub indo… Saya ga ada ikut fansub manapun kecuali fansub baru yang didirikan teman saya dan belum ngerilis apapun.

      Assasin_Cross

      June 12, 2012 at 10:02 pm

  14. thx kak AC atas curhatnya…..
    sya jadi tambah terinspirasi nih ^^
    moga saya bisa bagikan waktu antara kuliah dan ngesub ^^

    SatellizerLBridge

    June 12, 2012 at 10:33 pm

  15. Ternyata ramalan bang c0balt yg dulu jadi beneran kenyataan ~
    padahal segala hal tentang cerita KFX w bljr otodidak dari materi & tutor yg dia berikan .
    kasihan si abang .

    * hadeh , curhat ~

    ~( ̄、 ̄;)~

    4kirakun

    June 13, 2012 at 8:40 am

  16. kwokwokwokwowokwowoo dari cyber nih senior semua *http://cybercropz.blogspot.com/2012/06/mode-galau.html*iat dah pertanyaannya bodoh banget dah*suram tuh fansub

    Baka

    June 14, 2012 at 6:35 am

    • Ada yang salah lagi. Mereka menganggap Horriblesubs itu “fansub”. Padahal Horriblesubs hanyalah ripper (pencuri skrip) Crunchyroll. Oh, tidak heran kalau ada permasalahan tentang Ookami-san kemarin.

      Padahal dulu saya berharap banyak pada perkembangan fansub Indonesia. Tapi semenjak akhir 2011, semuanya berubah.

      Akkun

      June 14, 2012 at 6:53 am

      • semuanya berubah ketika negara api menyerang😐

        ltfrzky

        June 24, 2012 at 12:56 pm

  17. hee…
    penuh semangat juang nih

    Mbahe

    June 14, 2012 at 7:11 am

  18. Untung gua leecher

    HIDOP LECEHREEEREE!!!!!1!!!!eleven!!!!

    hiu

    June 15, 2012 at 2:38 pm

  19. wkowkowkokwkowkkok…. baca cetinya + dengerin lagu ebiet G.Ade sedep….. wkwokowkowkowkokowwokk😀 :Lol

    dragdanerazor

    July 26, 2012 at 8:31 am

  20. gw ingin perengek aktif lagi

    keiko

    May 8, 2013 at 6:13 pm

  21. wow wow wow keren2…. iya ni cuman curhat, bukan buat pamer, iya bener kog ini cuman curhat… saya juga sering curhat, bener2 ini cuman curhat…

    Ardy Pratama

    May 23, 2013 at 9:36 am


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: